Pengertian Harapan


PENGERTIAN HARAPAN

Harapan adalah keyakinan emosional pada kemungkinan hasil positif yang berhubungan dengan kejadian dan keadaan hidup.
Harapan membutuhkan tingkat ketekunan yaitu percaya bahwa sesuatu itu mungkin terjadi bahkan ketika ada indikasi sebaliknya.
Rasa keyakinan dalam pengertian ini sangat dekat dengan makna yang diberikan kepada iman.

Contoh termasuk harapan yaitu berharap untuk mendapatkan kaya, berharap seseorang yang sembuh dari penyakit, atau berharap bahwa seseorang memiliki perasaan timbal balik cinta.

Harapan juga merupakan salah satu dari tiga kebajikan teologis Kristen. Melalui kebajikan ini, orang Kristen menginginkan dan mengharapkan kehidupan kekal Tuhan dan Kerajaan Allah sebagai kebahagiaan tertinggi bagi mereka, menempatkan kepercayaan mereka pada janji-janji Kristus.


Untuk mendapatkan kepercayaan ini dan bertahan sampai akhir kehidupan duniawi, orang Kristen percaya bahwa bantuan rahmat Roh Kudus adalah pusatnya (ICC, n. 387).

Harapan merupakan keadaan emosional yang timbul karena adanya rasa kepercayaan pada hasil yang positif berkaitan dengan kejadian dan keadaan dalam kehidupan seseorang.
Keputusasaan adalah kebalikan dari harapan. Harapan merupakan "perasaan apa yang diinginkan dapat memiliki atau dimiliki atau berharap sebuah peristiwa akan berubah untuk yang terbaik" atau tindakan " melihat ke depan untuk sesuatu dengan keyakinan keinginan yang masuk akal" atau "merasa sesuatu yang diinginkan dapat terjadi ". Definisi lain adalah "untuk menghargai keinginan dengan antisipasi", "menginginkan dengan harapan didapatkannya", atau "untuk mengharapkan dengan percaya diri".



Opini saya mengenai harapan yaitu, harapan merupakan suatu impian seseorang untuk mencapai suatu keinginan tertentu dalam hidupnya.
Setiap manusia pasti memiliki harapan, begitu juga dengan saya pribadi . Harapan saya saat ini bisa membanggakan kedua orang tua yang selama ini sudah mengurus saya sejak kecil.
Tentu kita tidak akan cukup hanya dengan berharap sesuatu yang kita inginkan datang dengan sendirinya, kita perlu mengiringinya dengan doa dan usaha.
Semakin kita berjuang, bertawakal dan rajin berdoa insya allah semua harapan kita bisa tercapai, dan kalau pun saat ini kita belum berhasil mencapainya hal ini bukan berati kita tidak mampu untuk mencapai hal yang kita inginkan tersebut.
Manusia tanpa harapan, sama aja seperti sayur kurang garam . Karena dia telah mensia-siakan masa hidupnya dengan sepenggaln kehidupan monoton yang sangat membosanan tentunyaa .
Oleh karena itu, saran saya mengenai bab harapan ini sangat diwajibkan setiap manusia memiliki harapan yang tinggi.
Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena mimpi akan menjadi nyata jika kita berusaha keras dalam maencapainya . Terimakasih .


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer