Jangan Minder masuk SWASTA

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tentu sudah menjadi hajat besar tiap tahunnya, karena dengan jalur tersebut tentu banyak calon-calon mahasiswa/i yang ingin merebutkan bangku di PTN .

Memang dalam beberapa aspek tentu mereka lebih memilih masuk negeri dari pada masuk swasta karena gengsi yang utama .
Dan memang saya akui, saya pun berusaha masuk PTN yang di inginkan dengan mengikuti berbagai tes dan SNMPTN lah salah satu nya (sayangnya tahun kemarin saya tidaj lolos dalam tes) .

Dengan berat hati dan kecewa, saya pun mendaftarkan diri saya ke PTS . Memang sulit untuk dipercaya karena awalnya sangat besar sekali rasa males yang saya rasakan saat memulai perkuliahaan di tempat saya ini .
Tapi, jika kita ikhlas menjalaninya, insya allah kita kan di buat nyaman bahkan merasa memilik sklill lebih dari yang lain nya .



Karena semua berasal dari niat, jika niat kita ikhlas untuk menuntut ilmu maka jalan pun terbuka lebar untuk kita menggapai cita-cita tersebut .
Sempat keluar kalimat dari hati ini, (Jangan minder masuk swasta) .
Dari kalimat itu saya bangkit dan berusaha berkompetisi dengan yang lain, karena menurut saya tingkat kecerdasaan suatu manusia tidak berdasakan pada lebel PTN atau PTS nya saja, melainkan dari bakan, keahlian, dan tingkat ke uletan manusia tersebut dalam mencapai semua harapannya.

Saran saya kepada semua calon mahasiswa, pergunakan kesempatan pada tes tahun ini dan pilih lah jurusan yang sesuai dengan minat anda (jangan ikut-ikutan teman).
Kerana jika kita tidak sesuai dengan jurusan yang kita pilih, tentu kita akan endapatkan kesulitan saat hari hari di perkuliahan .
Tetap berdoa dan jangan kecewa jika kalian belum masuk tes tahun ini .
Dan yang paling terpenting adalah, jangan pernah malu untuk masuk swasta . 
Karena semua jodoh, umur dan kesuksesan sudah di atur oleh tuhan YME .
Percuma saja jika masuk PTN bila hari-harinya di habiskan dengan bermain, tentu semua pilihan PTN atau PTS bisa disangkut paut kan pada sikap kita sendiri . 

Pesan saya, perkuliahaan sangat berbeda dengan masa SMA kalian dahulu . Siap atau tidak siap kalian harus terbisa bahkan beradaptasi dengan serangkaian kegiatan menjadi mahasiswa/i .
Tetap percaya diri dan jangan pernah menyerah jika kita ingin semua harapan kita tercapai. 

PTN dan PTS itu sama saja (tinggal bagaimana cara kita menjalaninya secara ikhlas dan sungguh-sungguh) .

SELAMAT DATANG DI KEHIDUPAN MAHASISWA :D
 

Komentar

Postingan Populer