Interactive Entertainment

on Sabtu, 06 Juli 2013
Interactive Entertainment ?
Interactive Entertainment ialah sebuah interaktif yang bertujuan dalam membuat sebuah produksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur (entertainment) kepada pengguna sehingga mereka dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik. Konsep dari Interactive Entertainment ialah memberikan informasi informasi berupa kombinasi dati teks, gambar, gambar bergerak (animasi), video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraktif dengan informasi informasi tersebut.
Interactive Programs ?
Interactive programming adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya. Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.
Apa fungsi dari GUI ?
Pointing device dengan perangkat berupa mouse
Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
Pembuatan website.
Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
Sebutkan, jelaskan dan berikan gambar dari komponen-komponen GUI?
Komponen-komponen  dari  GUI :
Containers : merupakan wadah yang berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain di dalamnya.
Canvas : merupakan komponen GUI yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau untuk membuat program grafis. Dengan canvas, kita bisa menggambar berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, dll.
User Interface (UI) components : contohnya adalah buttons, list, simple popup menus, check boxes, text fields, dan elemen lain.
Komponen pembentuk window : seperti frames, menu bars, windows, dan dialog boxes.
Button : Menjalankan suatu aksi. Karena itu teks pada button biasanya berisi kata perintah (kata kerja) seperti “Enter”, “Exit”, “Reset”, dsb.
Radio Button, Memilih hanya satu pilihan diantara 2 atau lebih pilihan. Jumlah pilihan pada radio button umumnya 3 atau 4 pilihan saja. Jika jumlah pilihan lebih dari 4 maka combo box merupakan widget yang lebih tepat digunakan.
Check Button, Memilih satu atau lebih diantara  banyak pilihan (terdiri dari 2 atau lebih pilihan). Pemanfaatan check button memungkinkan untuk memilih semua pilihan.
ComboBox, Memilih salah satu diantara beberapa pilihan di mana jumlah pilihan cukup banyak sehingga tidak efisien bila diberikan dalam bentuk radio button.
Toolbar, Toolbar sebenarnya berfungsi sebagai pelengkap dari menu. Isi dari suatu menu mungkin saja banyak akan tetapi tidak semuanya diperlukan setiap saat oleh pengguna. Untuk memudahkan pengguna mengakses menu-menu yang sering digunakan maka disediakan suatu toolbar yang umumnya memiliki suatu simbol yang melambangkan fungsi dari menu yang diwakilinya. Simbol ini sering kali disebut sebagai metafor.
Menu, Isi dari suatu aplikasi bisa ditampilkan dengan bantuan ikon, namun adakalanya isi terlalu banyak sehingga lebih efisien bila ditampilkan dengan bantuan menu. Umumnya letak menu ada pada bagian kiri atas dari suatu tampilan.
Tabbed Panel, Adakalanya suatu menu memiliki sub-submenu yang saling berkaitan. Salah satu cara yang baik untuk menampilkan sub-submenu tersebut adalah dengan bantuan suatu tabbed panel. Disebut tabbed panel karena untuk mengaksesnya dapat digunakan tombol TAB.
Tree, Mungkin saja isi suatu aplikasi sangat banyak sehingga tak dapat ditampilkan oleh  menu dengan efisien. Cara menampilkan isi semacam ini adalah dengan bantuan tree. Ensiklopedia adalah salah satu program yang banyak memanfaatkan tree.
Sebutkan macam-macam event untuk komponen-komponen GUI?
Event merupakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI tidak akan berjalan. Macam-macam event untuk komponen-komponen GUI antara lain
Event Object merupakan object yang mendiskripsikan sebuah event yang di-trigger oleh event source.
Event Handler merupakan method yang menerima event object dan melakukan respond yang sesuai dengan event object tersebut.
Event Listener merupakan interface yang akan meng-handle event yang terjadi. setiap type event mempunyai interface yang bersesuaian. Listener tersebut harus diimplementasikan oleh class yang akan meng-handle event.
Event Source merupakan pembangkit / trigger sebuah event objects.  
Event model adalah model yang digunakan Java untuk menangani interaksi antara user dan komponen GUI.
Jelaskan mengenai event dalam konsep Struktur Interactive Program!
Pemrograman interaktif adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Jadi event dalam konsep struktur interactive program yaitu event yang terjadi ketika sebuah program yang sudah aktif
 
 
http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/penjelasan-tentang-graphical-user.html
 http://bagusputraa.blogspot.com/2013/07/interactive-entertainment.html

Komentar

Postingan Populer