Interaksi Manusia dan Komputer


Interaksi Manusia dan Komputer
TRI RAMDHANI (27111172)
2KB03

1.      Apa itu IMK ?

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau dalam bahasa Inggrisnya Human and Computer Interaction (HCI) yang mempelajari tentang hubungan/interaksi manusia, dengan komputer yang mana setiap hubungan tersebut menghasilkan keuntungan dan kerugian. Sedangkan interaksi manusia dan computer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan ole manusia untuk berinteraksi dengan computer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.


2.      Mengapa IMK itu diperlukan dalam teknologi komputer  ?

Interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Melalui definisi tersebut dapat dilihat bahwa pengaruh interaksi sangat kuat bagi pelaku interaksi tersebut. Apabila dikaitkan dengan IMK, dapat dibayangkan seharusnya banyak sekali pengaruh desain antarmuka bagi para pengguna system Desain antarmuka adalah media yang menjembatani kemampuan-kemampuan fungsionalitas sistem kepada pengguna. Selain itu, desain antar muka merupakan kendaraan yang akan membawa pengguna pada fungsi sistem yang ingin dilakukan olehnya.
Layout, tampilan dan navigasi layar sistem akan memberikan efek bagi pengguna melalui banyak cara. Jika hal-hal tersebut memusingkan dan tidak efisien, maka pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjan mereka dan relatif melakukan lebih banyak kesalahan. Desain yang buruk akan membuat pengguna takut sehingga tidak akan kembali menggunakan sistem tersebut. Hal-hal tersebut apabila tidak dikelola dengan baik juga akan menyebabkan frustasi dan peningkatan stres pada pengguna serta lebih jauh lagi akan meperburuk kondisi keuangan pengguna dan organisasi. Pada beberapa sistem yang sangat riskan seperti traffic controlnuclear power plant, hal-hal tersebut akan berpengaruh bagi keselamatan pengguna dan masyarakat luas.


3.      Siapa saja yang terlibat didalam interaksi manusia dan komputer ?

 IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer system interaktif yang ideal harus memiliki keahlian di berbagai bidang seperti :
·         Psikologi ilmu kognitif yang memberikan dasar pengehtahuan  mengenai presepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
·         Ergonomi yang memberikan dasar pengehtahuan mengenai kemampuan/ karakteristik fisik user.
·         Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
·         Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi yang di butuhkan.
·         Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
·         Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
·         Technical writing agar mampu membuat manual.
·         Dan lain – lain


4.    Ruang lingkup IMK ?
Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :

•         Manusia 
•         Komputer
•         Interaksi

1.      Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.

2.      Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)

3.      Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka

4.      Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).

5.  Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.


5.      Contoh dari interkasi manusia dan komputer ?

Sekarang, hampir semua pekerjaan manusia ada interaksi manusia dengan komputer. Mulai dari pekerjaan yang sederhana, seperti menghitung, menulis, membaca sampai pekerjaan yang membutuhkan skill lebih seperti, men-desain, membuat program aplikasi, membuat robot dan sebagainya.

 Contoh dari interaksi manusia dengan komputer dalam bidang keuangan yaitu diantaranya:

·       Kasir yang menghitung pembelanjaan pembeli menggunakan mesin kasir modern yang sekarang sudah menggunakan “touch screen” sebagai alat input-nya.

·       Teller Bank yang menggunakan komputer untuk meng-update data nasabah seperti menabung, menarik tunai, transfer, dan sebagainya.

·       Akuntan yang mengurusi keuangan perkantoran dengan menggunakan aplikasi komputer seperti “Microsoft Excel”.
                                                                   




Komentar

Postingan Populer